Pengertian Belajar Dan Macam-macam Teorinya

Pengertian Belajar

Belajar adalah melihat, mendengar, memperhatikan, mempelajari, dan

kegiatan lain yang menunjang dengan tujuan orang yang belajar bisa

memahami apa yang sedang dipelajarinya (http://www.indomedia.com/, diakses 7 April). Belajar juga dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan yang relatif permanen dalam perilaku sebagai hasil dari latihan atau pengalaman untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa PR (Pekerjaan Rumah). Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik.

2. Macam-macam Teori Belajar

Menurut Rahantoknam (1988:22) teori belajar telah diklasifikasikan dalam 3 kategori yaitu: asosiasi, kognitif dan sibernetika. Teori asosiasi menekankan pada arti respons yang diberikan oleh organisme dan asosiasi atau hubungan antara respons dan stimuli. Mereka mengutamakan peranan pengalaman sebelumnya dan penguatan (reinforcement) respons.

Para psikolog kognitif percaya bahwa belajar adalah suatu proses di mana siswa menemukan dan memahami hubungan. Pengalaman sensori ditimbulkan oleh situasi eksternal diorganisasikan menjadi berarti dan bermanfaat. Belajar diakibatkan oleh perubahan dalam cara seseorang merasakan lingkungannya sebagai wawasan.

Sibernetika adalah suatu bidang atau gagasan teori yang agak baru yang juga berusaha untuk menjelaskan perilaku belajar manusia. para ahli sibernetika tidak mengabaikan sama sekali penemuan eksperimen dari para ahli teori yang lain. Malahan mereka merangkul gagasan dan penemuan banyak ahli teori dan berusaha menguji penemuan ini dari sudut komputer. Teori sibernetika juga berusaha untuk menjelaskan pekerjaan otak yang berbelit-belit dan belajar dengan membandingkan mekanisme dan cara kerja sistem syaraf dengan komputer elektronika yang rumit.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: