KBM

KEMAH BAKTI MAHASISWA

(KBM)

Setelah kegiatan PKPT, saya berfikir tidak akan ada lagi kegiatan yang harus saya ikuti. Akan tetapi saya salah besar, masih ada lagi satu kegiatan yang harus saya ikuti yaitu yang disebut  Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) yang diadakan selama beberapa hari yaitu mulai hari kamis hingga minggu. Kegiatan ini juga dikenal sebagai Ospek Jurusan sehingga yang mengikuti kegiatan ini hanya mahasiswa baru di progam studi PJKR(Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi) dan IK (Ilmu Keolahragaan). Selain itu kegiatan ini diadakan di luar kampus yaitu diadakan di Kota Batu tepatnya di lokasi air terjun Coban Rondo.

Persiapan untuk kegiatan KBM ini sangat melelahkan. Banyak sekali peralatan yang harus dibawa untuk kegiatan ini. Semua mahasiswa baru yang ikut dibagi oleh panitia KBM menjadi beberapa kelompok, setiap kelompoknya terdiri atas 10 mahasiswa baru. Untungnya saya mengenal beberapa anggota kelompok saya, sehingga saya tidak merasa canggung lagi dan mempunyai teman yang bisa diajak ngobrol dan bertukar pikiran saat kegiatan KBM dilaksanakan nanti.

Saat hari keberangkatan menuju lokasi KBM, yaitu pada hari kamis pada pukul 13.00 kami semua bersama-sama berangkat dari kampus dengan menggunakan truk milik angkatan darat. Ini adalah pengalaman yang tidak dapat saya lupakan, karena baru pertama kali saya bisa naik truk angkatan darat dan pertama kali bagi saya pergi ke tempat wisata air terjun Coban Rondo walaupun tujuan saya kesana bukan untuk berwisata melainkan melakukan kegiatan KBM. Dan saya juga merasa kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang sangat melelahkan, melatih mental dan menguras banyak tenaga. Tapi saya berfikir di balik kegiatan ini pasti ada manfaatnya, karena saya yakin kegiatan seperti ini tidak akan dilakukan jika tidak bermanfaat sama sekali. Selama perjalanan menuju lokasi KBM, saya sangat menikmati pemandangan yang ada di sepanjang jalan karena masih banyak sawah-sawah dan lahan-lahan dengan tumbuhan-tumbuhan yang hijau dan semua itulah yang membuat udara si sepanjang perjalanan terasa sangat sejuk.

Sesampainya di lokasi KBM, setiap kelompok segera diperintahkan oleh panitia KBM untuk mengambil tenda dan mendirikannya di tempat-tempat yang telah ditentukan. Untuk mendirikan tenda-tenda ini dibutuhkan kerja keras dan kekompakan tiap anggota kelompok. Setelah beberapa waktu, akhirnya tenda kelompok saya berhasil didirikan. Setelah semua tenda tiap kelompok berhasil didirikan, semua peserta KBM dikumpulkan di suatu lapangan untuk diberi arahan dan jadwal kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan KBM berlangsung.

Semua kegiatan disana berjalan sesuai jadwal dan sangat disiplin. Jika ada anggota kelompok yang bersalah maka semua anggota kelompok terkena hukuman. Jadi semua anggota kelompok susah senang ditanggung bersama-sama. Banyak kegiatan yang menarik yang dilakukan disana, walaupun banyak hukuman yang diterima oleh saya dan anggota kelompok saya. Semua kegiatan disana juga menimbulkan kesan yang sangat berarti bagi semua peserta termasuk saya. Kegiatan yang paling berkesan bagi saya adalah pada saat kami semua tertidur dengan lelap dengan kedinginan dan kelelahan, yaitu pada tengah malam kami semua dibangunkan secara tiba-tiba dan dikumpulkan di lapangan dengan membawa semua peralatan yang tadi dibawa. Panitia memberikan waktu yang sangat singkat dan akan memberi hukuman kepada siapa saja yang datang terlambat menuju lapangan untuk berkumpul. Dan tentu saja banyak peserta yang datang melebihi waktu yang ditentukan panitia.

Kadang saya merasa kesal pada saat mengikuti berbagi kegiatan pada saat KBM, karena semua kegiatan dilakukan dalam waktu yang singkat dan harus dilakukan sesuai ketentuan panitia. Akan tetapi, saya menyadari bahwa saya belajar banyak hal dari semua kegiatan yang diadakan, terutama tentang kedisiplinan dan kerjasama setiap anggota kelompok. Walaupun saya merasa capek sekali setelah mengikuti kegiatan KBM, tapi saya tidak merasa rugi, bahkan saya merasa beruntung bisa mengikuti kegiatan tersebut, karena banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

