FIFa Partai ulangan

Badan Sepakbola Dunia (FIFA) dengan cepat merespon tuntutan pemain, pelatih dan staf Timnas Irlandia berupa tanding ulang melawan Prancis. Wadah pembina sepakbola dunia tersebut menyatakan tidak ada peraturan yang melegalkan tanding ulang.

Sebelumnya, sebagian besar pemain Irlandia mengklaim striker Les Blues Thierry Henry terlihat handball saat menyodorkan umpan kepada bek William Gallas dan berbuah gol. Menggemparkan, Henry mengaku handball namun tetap melanjutkan pertandingan karena tidak ada reaksi dari wasit.

FIFA menegaskan tidak akan mengabulkan permintaan Asosiasi Sepak Bola Irlandia (FAI) tersebut. “Tidak ada cara pertandingan bisa diulang. Untuk melakukan hal itu akan menimbulkan kekacauan di sepakbola. Aturan FIFA benar-benar jelas,” kata juru bicara kepada BBC Sport, Jumat (20/11/2009).

“UU 5 menyatakan keputusan wasit adalah fakta final. Itu adalah akhir dari pertandingan. Anda tidak dapat memutar ulang pertandingan,” tegas juru bicara FIFA.

Ketua eksekutif FAI John Delaney telah mengajukan keluhan kepada FIFA dan meminta pertandingan diulang. Namun, FIFA bersikeras dengan peraturan yang mengatakan keputusan wasit final.

Wajar saja Irlandia berang dengan handball Henry. Bila wasit meniupkan peluit tanda adanya handball, gol Prancis tidak tercipta. Bisa saja Irlandia yang memenangkan pertandingan tersebut, atau minimal peluang tetap terbuka karena terjadi perpanjangan waktu atau adu penalti.

Pada laga pertama di Dublin, Irlandia menyerah 0-1. Sedangkan di Paris, kedudukan akhir 1-1 dan Prancis unggul agregat 2-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: